Lebih Baik Membeli Aki Dengan Harga Aki Vario 125 Yang Mahal Daripada Menggunakan Aki Basah Yang Ribet

Beragam jenis dan harga aki yang beredar di pasaran, pernahkah anda merasa kebingungan dalam membeli aki karena ada banyak harga aki Vario 125? Jika anda pernah merasakannya, anda tidaklah sendirian, banyak orang yang juga merasakan hal yang sama seperti anda. Padahal hanya untuk satu jenis motor saja, begitu banyak pilihan yang tersedia. Setiap jenis dan merek aki memang memberikan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Misalnya saja bila anda membicarakan NS Battery, salah satu merek aki motor yang cukup terkenal karena kualitas dan juga masa garansinya yang panjang. Untuk Vario 125 ada dua pilihan aki yang bisa anda gunakan, yang pertama adalah NS Eagle dengan garansi 18 bulan dan NS Hawk dengan garansi 12 bulan. Keduanya merupakan aki kering yang sudah terkenal tidak membutuhkan banyak perawatan dan perhatian dari pengguna motor. Karena itulah jika anda termasuk orang yang sibuk, tidak memiliki banyak waktu luang untuk selalu mengecek aki motor anda ketika akan berkendara, menggunakan NS Battery sebagai aki pilihan anda adalah keputusan yang tepat.


Tidak boleh sembarangan membeli aki motor karena aki merupakan satu bagian dari motor yang sangat penting. Tanpa adanya aki, maka motor tidak akan bisa menyala dan tidak bisa dikendarai. Aki yang menjadi sumber listrik utama untuk menyalakan seluruh komponen elektronik yang ada pada sepeda motor, sebut saja starter motor, lampu utama, lampu sen dan lain sebagainya. Ketika anda tidak memperhatikan kondisi motor anda yang mana aki yang sudah seharusnya segera diganti namun tidak pernah diganti-ganti hanya akan membuat motor anda menjadi cepat rusak. Lama-kelamaan kerusakan pada aki akan merambat ke komponen motor lainnya. Jika hal tersebut tidak ingin terjadi pada kendaraan anda, tidak ada salahnya mampir ke toko aki atau ke bengkel terdekat untuk mengecek aki, dan jika perlu maka gantilah aki.

Ketika anda sudah mengganti aki anda dengan aki baru dari NS Battery yang notabene free maintenance, bukan berarti anda bisa lepas tangan begitu saja. Tentu anda menginginkan motor yang awet dan bisa digunakan hingga puluhan tahun ke depan tanpa adanya kerusakan dari komponen motor yang berarti bukan? Jadi tidak ada salahnya jika melakukan perawatan kecil-kecilan untuk motor anda, terutama aki. Untuk aki kering, perawatan yang perlu dilakukan berbeda dengan aki basah yang mana perawatannya lebih berat dibandingkan aki kering. Tidak percaya kalau aki basah lebih membutuhkan banyak perhatian daripada aki kering? Kalau begitu, yuk kita bahas perawatan-perawatan untuk aki basah.

  • Mengecek ketinggian air aki
Di dalam aki basah pasti ada larutan atau air nya, namanya juga aki “basah”. Untuk mengetahui apakah ketinggian air aki sudah berada pada batas minimal atau belum, setidaknya aki selalu dicek 1 bulan sekali. Bila tidak dicek dan ternyata air aki sudah mau habis, hal ini dapat membahayakan motor dan pengendaranya karena cairan tersebut mudah terbakar. Karena itulah sangat berbahaya apabila tidak pernah mengecek ketinggian air aki secara rutin. Ini adalah bukti pertama yang menjelaskan betapa ribetnya merawat aki basah.

  • Membersihkan kutub aki
Indonesia merupakan negara dengan 2 musim, yaitu musim kering dan musim hujan. Ketika musim hujan tiba, intensitas hujan setiap harinya cukup tinggi dan hal tersebut dapat menyebabkan aki motor menjadi lebih lembab. Air hujan yang mengandung asam juga dapat menimbulkan kerak serta korosi pada kutub (+) dan (-) yang ada pada aki. Padahal ketika kedua kutub tersebut tertutupi oleh kerak dan menjadi korosi, kemampuan aki dalam menyalurkan listrik menjadi berkurang. Proses pendistribusian listrik dalam motor menjadi terhambat, lama-kelamaan hal tersebut dapat membuat terjadinya kerusakan pada aki itu sendiri dan bisa merembet ke komponen motor lainnya. Untuk membersihkannya sebenarnya bisa dilakukan di rumah, yang pertama adalah melepaskan aki motor dan menyikat kerak yang menempel menggunakan sikat besi beserta cairan khusus.

  • Memanaskan motor setiap hari
Sudah seharusnya sebelum menggunakan motor, mesin motor harus dipanaskan selama beberapa menit terlebih dahulu terutama untuk motor yang masih menggunakan karburator. Apabila mesin motor tidak dipanaskan, nantinya komponen dalam motor kurang terlumasi dan membuat daya listrik ke aki motor tidak terisi.

  • Mengecek regulator
Salah satu ciri dari aki yang bermasalah adalah regulator pada motor rusak. Biasanya ketika regulator rusak, penyebabnya adalah aki motor kehabisan tenaga. Hal tersebut menyebabkan lampu motor yang sering nyala-mati.

Apabila anda tidak ingin atau tidak bisa melakukan perawatan-perawatan di atas secara berkala, membeli aki basah bukanlah ide yang bagus. Tentunya lebih baik menggunakan aki kering dari NS Battery yang lebih mudah dalam segi perawatannya dan tentunya lebih awet.

0 komentar: